Jumat, 17 Mei 2013

Tutorial Bermain Gitar






-->
Belajar Gitar Yuuuk!
Dapat bermain gitar adalah hal menyenangkan. Semua cewek akan senang bila memiliki seorang pacar yang dapat memainkan gitar untuknya. Chemistry seorang pria akan keluar jika bisa menyanyikan sebuah lagu sambil bermain gitar. Sebaliknya juga, cewek yang dapat memainkan gitar akan disenangi banyak cowok karena dapat menambah tingkat kecantikan 50%. Bagi kawan-kawan yang pingin banget bisa main gitar baik itu untuk mengiringi lagu, nyanyi malam mingguan bareng pacar, nyanyi bareng temen-temen, ataupun hanya untuk sekedar kepuasaan hobi, saya akan memberikan cara bermain gitar dengan mudah. walaupun anda adalah pemula sekalipun, asalkan ada keinginan belajar yang kuat, semua hal bisa dicapai termasuk main gitar. Trik dan tips bermain gitar:
  1. Pastikan kamu sudah mempunyai gitar.
yang paling penting dalam belajar bermain gitar, yaitu kita harus mempunyai gitar yang akan dimainkan nanti. Jika tidak ada gitar akan susah untuk mempraktekkannya langsung. Usahakan kita memilikinya, atau minimal kita bisa meminjam kepada teman, tetangga, keluarga atau kerabat lain yang punya gitar, sehingga kita bisa rutin berlatih memainkannya samapai mahir atau sudah bisa.


  1. Menyetem atau Menyetel gitar kamu dulu.
Untuk pemula menyetam gitar atau menyetel gitar bukanlah hal yang mudah. Untungnya sekarang banyak gitar tuner dijual di toko-toko alat musik dengan harga murah, ini bisa kamu gunakan untuk di awal-awal belajar gitar. Selain menggunakan alat bantu ini (gitar tuner) masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyetam gitar. Contohnya kamu bisa menyocokkan nada senar dengan nada lain seperti piano atau alat musik lainnya. Dan di internet sudah ada gitar tuner online bisa kamu cari sendiri, yang intinya kamu harus tahu dulu nada nada pada masing-masing senar.
Senar 1 dipetik tanpa ditekan = E
Senar 2 dipetik tanpa ditekan = B
Senar 3 dipetik tanpa ditekan = G
Senar 4 dipetik tanpa ditekan = D
Senar 5 dipetik tanpa ditekan = A
Senar 6 dipetik tanpa ditekan = E
Kalau mau coba menyetem gitar dengan software di pc kamu, coba aja deh PitchPerfect Musical Instrument Tuner. Kamu akan mudah menyetel gitar kamu sehingga suara yang dihasilkan pas!

  1. Belajar Chord Dasar Terlebih Dahulu.
Mulailah malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti Am, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit. Contoh beberapa chord dasar yang akan anda pelajari: 







Ini Chord dasar lebih lengkapnya :




  1. Belajar Menggenjreng dan Memetik.
    Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.

  1. Cobalah Mengiringi Lagu dengan chord.


Pada tahap selanjutnya setelah teman-teman hafal beberapa chord penting diatas. Kita bisa segera belajar mengiringi lagu dengan kunci gitar tersebut. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, teman-teman bisa liat di internet, dan majalah gitar. Saya sarankan untuk memilih lagu yang kuncinya mudah seperti lagu-lagu ungu dan peterpan. Kuncinya biasanya seputar: C,F,G,Am,Em,Dm. Waktu masih awal, kita akan sedikit kaku dan canggung berganti chord dengan cepat. Itu wajar, karena memang koordinasi tangan kita belum sepenuhnya terbentuk. Tapi, jika berlatih terus lama-lama pasti akan terbiasa.
Coba memainkannya dengan sangat lambat terlebih dahulu, jangan terburu-buru agar kita dapat feel nya. Karena yang paling penting adalah melakukan strumming dan pergantian chord yang tepat. Kecepatan akan terbangun sendirinya seiring semakin sering anda bermain gitar.
Ketika menekan fret gitar, usahakan pakai ujung jari kita jangan pakai kuku. Karena suaranya jauh lebih bagus kalau kita pakai ujung jari kita. Kalau perlu gunting saja kukunya, biar proses belajar gitarnya lebih lancar

  1. Ulangi berkali-kali dengan rutin.
Setelah kamu hafal chord chord dari lagu tersebut, rajin-rajin lah memainkannya. Ini akan meningkatkan ingatan kamu terhadap chord yang di mainkan dan melatih jari-jari biar kokoh menekannya. Biasakan jari-jari lancar memindahkan dari satu kunci ke kunci yang lain.

  1. Tekunlah berlatih bermain gitar.
untuk bermain dgn sangat cepat, mulailah dgn yg sangat lambat…“. Kata Steve Vai, salah seorang dewa gitar. Nah, berlatihlah Fingering atau senam jari secara teratur, berlatih berpindah chord maupun berlatih melodi.

*Ini adalah chord lengkap gitar:

















































Oke, sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang gemar bermain gitar, kamu-kamu yang belajar main gitar cepet mahir deh, pokoknya semangat!! Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar