Jumat, 17 Mei 2013

Linux is....

-->
Linux? Ya,ketika mendengar kata ini kita akan langsung ingat Sistem Operasi yang Open Source yang memiliki ikon pinguin sedang duduk. Yah,awalnya ikon ini dibuat oleh Larry Ewing. Linux diambil dari nama pembuatnya yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU (General Public License), yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.
Linux adalah sistem operasi yang diporting secara luas. Seperti yang kami kutib dari Wikipedia, pada awalnya, Kernel Linux didisain hanya dan hanya untuk mikroprosesor Intel 80386. Sekarang kernel Linux telah jalan di beragam arsitektur komputer antara lain di berbagai perangkat hand-held berbasis ARM hingga superkomputer. Terdapat juga distribusi yang dikhususkan untuk sejumlah kecil arsitektur yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga-lembaga lainnya. Masing-masing disertakan juga dengan program aplikasi tambahan dan program sistem, selain memberikan suatu program yang memasang keseluruhan sistem yang ada di komputer.
Contoh-contoh distribusi Linux :
• Ubuntu dan derivatifnya : Sabily (Ubuntu edisi Muslim), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE
• OpenSUSE
• Fedora
• Android
• ClearOS
• Chromeos


Jika kalian suka utak atik Software OS, nah mungkin dengan ikut mengembangkan linux cocok bagi kalian. Apalagi sifat open source dari Linux membuat kita membuat distro linux sendiri. Berbeda dengan Microsoft Windows yang bersifat Close source. Cukup banyak OS hasil distribusi Linux yang dikembangkan sedemikian rupa menjadi sukses dan terkenal di seluruh dunia. Sampai kapan untuk PC sendiri kita hanya beli,instal,pakai aja? Sekarang waktunya kita untuk OPEN SOURCE. Dengan menggunakan Sistem Operasi terbuka kita dapat mengurangi angka pembajakan yang terjadi. So,Linux is your best answer sob ;)





0 komentar:

Posting Komentar