Jumat, 17 Mei 2013

Seputar UNAS 2013

-->
Pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA yang diadakan pada tanggal 15 hingga 18 April 2013 menuai banyak kicauan dari beberapa pihak, mulai dari peserta UNAS itu sendiri, guru, hingga masyarakat.
Pelaksanaan UNAS tahun 2013 dinilai kacau, contohnya keterlambatan pendistribusian soal Ujian Nasional yang berdampak ujian jadi tertunda. Bagaimana bisa? Yuk kita kupas sedikit, menurut beberapa orang yang saya mintai keterangan berpendapat bahwa keterlambatan UNAS ini dikarenakan belum siapnya pemenang tender sehingga percetakan belum maksimal dalam mencetaknya.
Selain itu contoh yang lain adalah tipisnya lembar jawaban komputer (LJK). Hampir lebih dari 90 persen kakak kelas yang pernah saya tanya tentang hal ini mereka menjawab “ya, tipis sekali sampai-sampai saat menghapus jawaban yang salah itu takut banget dan harus ekstra hati-hati karena jika lembar jawaban komputer (LJK) itu sobek atau rusak maka kita harus mengganti LJK dan soal sehingga dapat membuang-buang waktu karena mengerjakan soal yang berbeda dua kali.” Ada juga ynag berpendapat, “lembar jawaban komputer untuk unas lebih tipis daripada kertas HVS di fotokoian yang harganya 100 rupiah”. Adapula yang berpendapat, “kalau kualitas LJK itu sangat rendah, sedangkan jumlah dana untuk Ujian Nasional ini banyak, lalu dimanakah sisa dana Ujian Nasional? Kami harap bukan untuk dikorupsi.” Mungkin kalau pertanyaan tersebut hanya Tuhan dan Pemerintah yang tahu.



Selanjutnya contoh yang lain adalah masih adanya bocoran-bocoran jawaban Ujian Nasional meskipun paket soal Ujian Nasional sudah menjadi 20 paket. Sesungguhnya, tujuan pemerintah menjadikan 20 paket soal supaya tidak ada bocoran-bocoran jawaban Ujian Nasional sehingga semua siswa harus belajar yang serius. Tapi pada kenyataannya masih ada siswa yang menggunakan bocoran jawaban Ujian Nasional.





Nah semoga dari semua kekacauan ini pemerintah dapat menjadikan sebuah pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi. Sekarang kita berdoa semoga UNAS tahun depan menjadi lebih baik daripada tahun ini. Amin ...





0 komentar:

Posting Komentar